Heboh Foto-Foto Tugu Jogja Dicoret Cat Merah Oleh Turis Asing

0
442


Beredarnya foto Tugu Jogja dicoret cat merah oleh seorang turis asing ke sosial media telah memantik amarah warga Yogyakarta. Ikon pariwisata kota Jogjakarta ini menjadi “ternoda” gara-gara aksi vandalisme iseng yang tidak bertanggungjawab. Kasus pencoretan Tugu bersejarah ini pun menjadi pembicaraan hangat para netizen.

foto tugu jogja dicoret cat merah

Kejadian ini terungkap saat sebuah akun di instagram mengunggah foto di akunnya. Dalam foto tersebut, tampak jelas coretan cat merah yang mengotori Tugu Jogja yang berwarna dasar putih. Cat yang digunakan cukup banyak sehingga dapat terlihat dengan sangat jelas.

Pelaku pencoretan Tugu Jogja ini ternyata adalah seorang turis wanita berkewarganegaraan asing. Terlihat dalam gambar, si pelaku yang tangannya masih terlumuri cat warna merah, mengenakan baju hitam dalam posisi sedang duduk tepat di bawah Tugu.

Tugu Jogja, sebagai simbol sekaligus ikon dunia wisata di Yogyakarta, memang terbuka untuk umum. Meskipun bangunan ini terletak di perempatan jalan yang cukup padat lalu lintas, para wisatawan seringkali menggunakannya sebagai tempat berfoto. Biasanya, orang lebih senang berfoto ria saat malam hari.

Alasan Tugu Jogja Dicoret

Lalu kenapa Tugu Jogja yang seharusnya dirawat dengan baik sebagai simbol budaya ini bisa dicoret oleh seorang turis asing? Aksi tersebut terjadi pada hari Minggu pagi, dan diberitakan bahwa sang pelaku memang sengaja melakukannya untuk mencari perhatian.

Turis tersebut ditengarai bernama Yit Kampak, berkewarganegaraan Ceko. Dia mengaku sedang mencari temannya namun tidak kunjung ketemu, kemudian memiliki inisiatif untuk melakukan tindakan pencoretan di Tugu Jogja agar keberadaannya terekspos publik.

Menurut kesaksian warga setempat yang melihat kejadian, si pelaku secara tiba-tiba berjalan dari arah barat dengan membawa cat berwarna merah. Setelah masuk ke area Tugu, tangannya yang berlumuran warna merah ditempelkan hingga memutari bangunan Tugu. Alhasil, terlihat jelas coretan merah di Tugu Jogja yang membuatnya jadi tampak kotor.

Namun tidak lama kemudian, polisi berhasil mengamankan dan menangkap si pelaku. Semoga kejadian seperti ini tidak lagi terulang di kemudian hari.

Di bawah ini adalah foto-foto Tugu Jogja yang dicoret cat merah oleh turis asing tersebut.

turis asing mencoret tugu jogja
pelaku pencoretan tugu yogya
foto coretan cat di tugu jogja

Post Populer:

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY